, ,

Ubah Smartphonemu Jadi Remote Control Televisi

Fungsi smartphone kini makin meluas. Tadinya smartphone digunakan untuk alat komunikasi saja (via pesan singkat, telepon, email, aplikasi perpesanan, dan jejaring sosial).

Namun kini, smartphone juga digunakan untuk menikmati konten digital (video dan audio), menyalurkan hobi (fotografi smartphone), melakukan transaksi keuangan (m-banking), dan lain-lain.

Selain fungsi-fungsi tersebut di atas, ternyata masih ada kehebatan smartphone yang jarang diketahui banyak orang: menjadi remote controller untuk televisi.

Dirangkum dari Verizon Wireless, Kamis (9/6/2016), berikut ini cara mengubah smartphone menjadi remote controller untuk televisi.

1. IR Blaster (Pemancar Inframerah)

Banyak smartphone keluaran baru, antara lain Samsung Galaxy S6 dan LG G5, dilengkapi dengan IR blaster–teknologi inframerah pada remote controller televisi lama untuk berkomunikasi dengan televisi.

Bila smartphone Anda memiliki IR blaster, Anda dapat mengunduh aplikasi seperti AnyMote Smart Remote. Aplikasi ini bukan hanya dapat mengendalikan televisi, tetapi juga perangkat lainnya yang menerima sinyal IR seperti set-top box, pemutar DVD, pemutar Blu-ray, peralatan stereo, dan bahkan sejumlah pendingin ruangan.

2. Aplikasi Bawaan Pabrikan

Smart TV hari ini sudah dibekali aplikasi bawaan pabrikan. Samsung Smart TV, misalnya, kompatibel dengan Samsung TV Remote App. Aplikasi ini memungkinkan smartphone dan televisi Anda berhubungan melalui jaringan Wi-Fi.

Ada kemungkinan bila Anda memiliki Smart TV, ada aplikasi yang mampu mengubah perangkat Anda menjadi remote controller.

Waduh, Desahan Syahrini di Bayar 2 Milyar Oleh Disney

Twitter Mewajibkan Seluruh Pengguna Ganti Password