, ,

Kenapa Pemerintah Tidak Mencetak Uang Sebanyak-banyaknya Supaya Bebas dari Utang dan Kemiskinan?

berkembang tentu memiliki penduduk yang miskin, banyaknya pengangguran dan negara tersebut pasti memili banyak hutang.

rupiah-130715c

Mungkin Anda pernah memikirkan, kenapa setiap negara yang memiliki banyak utang tersebut untuk mencetak utang sebanyak-banyaknya supaya bisa digunakan untuk membayar utang-utang negara tersebut.

Mencetak banyak uang, melunasi semua utang dang bisa membagikan uang yang banyak kepada masyarakat yang miskin dan sangat membutuhkan uang, bukan seharusnya begitu?

Lalu kenapa pemerintah di negara tersebut tidak melakukannya?

Namun ternyata urusan mencetak uang banyak itu bukanlah hal yang sepele. Karena mencetak uang sebanyak-banyaknya justru bukannya menyelesaikan masalah, melainkan malah semakin memperparah masalah. Kenapa?

Ternyata didunia ini ada dua sistem yang digunakan saat mencetak uang, yaitu pseudo gold dan uang fiat.

Pseudo gold merupakan percetakan uang yang didukung dengan cadangan emas atau perak. Sementara Fiat merupakan uang yang beredar namun tidak didukung dengan aset yang berarti sistem fiat, pemerintah atau lembaga penerbit uang bisa mencetak uang sebanyak apapun sesuai yang dibutuhkan.

Namun perlu diingat bahwasanya dalam ekonomi harga barang akan bergantung pada perbandingan jumlah uang dan persediaan barang. Yang mana jika barang yang beredar lebih banyak dari jumlah uang yang beredar maka harga akan cenderung menurun.

Begitu juga sebaliknya, jika jumlah barang sedikit namun jumlah uang yang beredar banyak maka harga akan cenderung naik atau biasa disebut inflasi.

Lalu kenapa pemerintah tersebut tidak mencetak uang sebanyak-banyaknya? Jawabanya adalah karena jika terlalu banyak mencetak uang maka akan mempengaruhi inflasi.

Otomatis jika sebuah negara terus menerus mencetak uang maka itu bukanlah kekayaan karena nilai mata uang dinegara tersebut akan terus merosot.

Lanjutkan Membaca di Halaman Selanjutnya >>

Kenapa Semut Selalu Berhenti Saat Berpapasan dengan Temannya ?? Ternyata Ini Lho Alasannya

Titik Sensitif Setiap Wanita Menurut Zodiak, Pasangan Kamu Yang Mana?