Pasti Kamu Gak Tahu Jika Ada Sesuatu yang Unik di Desain Uang Rp 50 Ribu Lama Ini

Apakah kamu masih meyimpan uang pecahan 50 ribu versi lama? Jika ada, cobalah perhatikan dan teliti uang tersebut maka kamu akan menemukan sesuatu yang unik dari uang tersebut.
mata-uang-50-ribu-lama_20160923_115604

Selain kamu dapat menemukan sosok pencipta lagu Kebangsaan Indonesia, kamu juga akan menemukan sesuatu unik yang terselip dalam uang itu. Nah, kita mulai dulu dari sesuatu unik dari gambar sosok pria dalam uang 50 ribu versi lama.

Pria dalam uang tersebut adalah Wage Rudolf Soepratman. Meski tak melawan penjajah, namun jasanya sangat berarti bagi Indonesia. Soepratman berhasil menciptakan lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya.

Untuk bisa membuat lirik sempurna, dibutuhkan usaha yang cukup keras. Ketika tinggal di Jakarta, ia sempat membaca sebuah karangan dalam majalah Timbul. Penulis karangan itu menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.

Dikutip TribunSolo.com, pada bulan Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda. Dan pada malam penutupan kongres, tanggal 28 Oktober 1928, Soepratman mendengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum.

wage-rudolf-soepratman_20160923_115012
Pada saat itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semua yang hadir terpukau mendengarnya. Bahkan lagu itu selalu dikumandangkan saat partai-partai politik saat mengadakan kongres.

Lanjutkan Membaca di Halaman Selanjutnya >>

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...