Mulai Dari Bolos Sekolah Sampai Naksir Kakak Kelas, Inilah 15 Hal di Masa SMA yang Gak Akan Bakal Bisa Kamu Lupain

Screenshot_17

Konon katanya tidak momen yang lebih berkesan dari momen putih abu-abu. Dalam tahapan hidup seseorang, masa-masa SMA adalah masa transisi dari remaja menuju dewasa. Dibilang remaja nggak juga, dibilang dewasa juga belum. Momen SMA adalah momen awal pencarian jati diri kita, yang pastinya punya seribu makna untuk kita kenang bersama.

Dari bangku SMA, banyak hal-hal tak terlupakan. Kalau diingat-ingat sekarang, mungkin kamu akan sambil senyum-senyum sendirian. Satu sisi kamu merindukan masa-masa itu, di sisi lain mungkin kamu juga malu mengenang kalau saat itu kamu lagi alay-alaynya.

Tapi segimanapun alaynya kamu waktu itu, hal-hal dibawah ini pasti bisa kamu kenang dari bangku SMA!

1. Meski membosankan, seragam pasti pernah juga kamu rindukan. Setidaknya, waktu itu kamu nggak pernah galau mau pakai baju apa.

CDGOG-TVEAARCVc

Dulu kalau dipikir-pikir fashionmu membosankan banget ya. Seragam putih abu-abu atau nggak coklat-coklat pramuka. Sepatupun nggak boleh pakai wedges atau boot. Harus sneakers hitam atau maksimal flatshoes. Mau memadupadankan seragam dengan rompi kece atau celana jogger? Ya nggak apa-apa, asalkan kamu mau disetrap seharian.

Meski membosankan, tapi kamu juga nggak perlu memikirkan lagi mau pakai baju apa. Nggak ada juga kekhawatiran baju yang kamu kenakan udah out of date yang terlihat kuno dibanding lainnya. Nggak ada juga yang ngatain kamu norak kalau kamu salah kostum. Lha wong sama semua! Diakui atau tidak, seragam membuat hidupmu lebih mudah karena mengurangi beban pikiran.

2. Bel sekolah yang khas bunyinya. Tapi bunyi bel pagi dan siang beda efeknya ~ waktunya masuk kelas

Screenshot_3
Bel sekolah adalah benda magis yang memiliki makna ambigu. Jika berbunyi di pagi hari, rasanya jantung bisa copot, apalagi saat kamu ingat belum bikin PR. Atau saat kamu baru tahu ada jadwal ulangan di jam pertama, sementara semalaman kamu malah asyik nonton bola.

Bel di pagi hari tak ubahnya seperti saat kamu naik motor nggak ada SIM dan STNK, lalu kamu melihat Pak Polisi di depan sana. Anehnya, saat berbunyi di sore hari, bel sekolah terasa seperti music jazz yang langsung membuat suasana hatimu lebih baik. Bel yang berbunyi Riiiiiiiiinggg itu rasanya seperti angin surga. Kangen nggak kamu dengan suara-suara itu?

3. Di semua sekolah, pasti ada satu ikonik guru galak yang ditakuti semua kelas dan semua tingkat. Dua jam pelajaran dengannya serasa seperti neraka.

Screenshot_4

Sekolah bukan sewajarnya sekolah kalau nggak ada satu sosok yang begitu ikonik dan bisa diceritakan lintas angkatan. Biasanya sosok yang ikonik ini adalah guru-guru galak yang kehadirannya saja sudah bisa membuat kamu sekelas diam.

Dua jam pelajaran bersama beliau adalah momen paling menegangkan dalam seluruh kehidupan sekolahmu. Rasanya mau nafas aja takut salah. Ada kalanya nanti, saat kamu ketemu kakak kelas atau adik kelas dengan almamater SMA yang sama, kalian bisa ngobrol begini:

Pak Agus masih ngajar nggak?

Masiih. Ya Allah, itu guru galaknya minta ampun. Kalau beliau lewat rasanya gemetar sebadan-badan!
Hahaha dulu gue pernah tuh disuruh keliling lapangan 10 kali, gara-gara lupa pake dasi. Emang killernya tiada tara itu Pak Agus.

4. Paling deg-degan kalau guru udah ngasi soal latihan dan mulai memilih siapa yang akan disuruh mengerjakan. Keringat dingin ngga berhenti mengucur kalau kamu ngga paham soalnya.

Screenshot_5
Sudah ya? Ayo siapa yang mau ngerjain di depan?
*Nggak ada yang jawab*
Coba yang namanya *beliau mulai membaca buku absen*
DEG!

Saat guru yang memberi soal mulai melihat daftar absensi atau mengedarkan pandangan ke seluruh kelas untuk menentukan siapa yang harus maju ke depan, momen ini lebih menegangkan dari saat kamu menunggu-nunggu pengumuman pemenang undian. Apalagi kalau kamu sebenarnya nggak bisa mengerjakan. Mau nyontek teman takut ketahuan.

Akhirnya kamu menunduk dalam-dalam, berharap dengan begitu tubuhmu jadi kasat mata. Padahal kalau kamu nunduk begitu, justru kadang bikin kamu yang kena. Tapi kadang kamu pintar juga. Saat guru udah menunjukkan gelagat mau menyusuh siswa maju ke depan, kamu buru-buru izin ke toilet. Aman deh!

5. Kena hukuman karena terlambat datang nggak pernah bikin kamu jera. Meski dihukum membersihkan halaman, besok-besok masih aja kamu datang terlambat.

hukuman-cover

Macet, Bu.
Tadi ban motor saya bocor, Pak.
Saya harus ngantar Ibu ke pasar dulu tadi, Pak.

Datang terlambat adalah problematika yang umum bagi seluruh siswa SMA. Alasannya macam-macam. Hukumannya juga macam-macam. Paling sering, kamu nggak dibolehin masuk kelas dan harus menunggu sampai habis jam pelajaran kedua. Tapi kalau gurumu lagi jengkel karena kamu telat terus, hukuman membersihkan halaman atau ruang perpustakaan nggak mustahil kamu dapatkan. Dan anehnya, meski dihukum berkali-kali, kamu nggak pernah kapok tuh.

Halaman Selanjutnya >>

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...
Tags: ,