Kenali Gejala dan Bahaya Penyakit Lupus yang Bisa Ancam Hidup Anda

Penyakit lupus adalah suatu penyakit peradangan kronis yang diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang salah, sehingga menyerang organ dan jaringan tubuh sendiri.

Peradangan karena lupus mampu menyerang beberapa bagian pada tubuh, seperti : kulit, sendi, sel darah, jantung dan paru-paru. Penyakit ini sangatlah berbahaya karena berpengaruh organ-organ penting dalam tubuh. Apabila tidak ditangani sejak dini penyakit lupus dapat mengancam jiwa penderitanya.

penyakit-lupus

Nama asli dari penyakit ini sebenarnya Lupus eritematosus atau lupus erythematosus. Kata lupus berasal dari bahasa latin yang artinya anjing hutan atau serigala.

Sedangkan kata erythematosus diambil dari kata eri atau red yang artinya merah. Pada zaman Yunani Kuno lupus erythematosus ini dipakai untuk menyatakan penyakit kulit kemerahan pada sekitar pipi yang diakibatkan oleh gigitan serigala atau anjing hutan.

Jenis penyakit lupus

Penyakit lupus terdiri atas 3 jenis yaitu:

1. Systemic Lupus Erythematosus atau SLE

SLE adalah penyakit lupus yang menyerang organ-organ sistem fungsional dalam tubuh, seperti sistem ekskresi yang diserang adalah organ ginjal. Jenis lupus ini paling sering disebut oleh masyarakat secara umum sebagai penyakit lupus. SLE bisa menyerang jaringan maupun organ tubuh manapun. Penyakit ini berkembang secara perlahan, bisa bertahan lama ataupun bersifat hanya sementara lalu nantinya kambuh lagi.

2. Discoid Lupus Erythematosus atau DLE

DLE yaitu penyakit lupus yang menyerang jaringan kulit, sehingga akan timbul manifestasi pada kulit. Tandanya akan muncul ruam merah pada beberapa bagian kulit. walaupun hanya di kulit, tapi lupus jenis ini dapat berkembang jadi systemik.

DLE bisa dikontrol dengan cara menghindari pancaran sinar matahari secara langsung dan obat-obatan. Gejala yang dirasakan karena DLE adalah rambut rontok, lalu pitak secara permanen, timbul ruam merah yang berbentuk bulat bagaikan sisik di kulit dan bisa menebal lalu menjadi bekas luka.

3. Penyakit lupus akibat penggunaan obat

Gejala lupus akibat penggunaan obat berbeda-beda. Ada lebih dari 100 macam obat yang mampu mengakibatkan efek atau gejala yang mirip seperti penyaki lupus. Gejala penyakit lupus akan menghilang seiring dengan berhentinya pengkonsumsian obat.

Gejala penyakit lupus

Tanda-tanda tubuh terkena penyakit lupus adalah seperti terkena penyakit lainnya, sehingga sangat sulit didiagnosis. Gejala penyakit lupus juga bermacam-macam, ada yang ringan bahkan ada yang mengancam jiwa penderitanya.

Penyakit lupus sebenarnya tidak menular, tetapi berpotensi mematikan. Gejala penyakit lupus pada umumnya yaitu, kelelahan, ada ruam pada kulit, adanya pembengkakan pada sandi, depresi, cemas dan rasanya sakit sekali.

Adapun yang bisa memicu datang nya penyakit lupus pada tubuh seseorang adalah pengaruh faktor genetika dan lingkungan.

Penyakit lupus jenis SLE tidak bisa disembuhkan, pengobatannya bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah kerusakan organ. Tapi, jangan terlalu khawatir dengan penyakit ini, karena pengobatan SLE terus berkembang dan saat ini kebanyak penderita SLE bisa hidup kembali normal atau setidaknya mendekati normal.

Penderita penyakit lupus sangat membutuhkan dukungan keluarga, teman, dan staf medis dalam menghadapi penyakitnya. Untuk itu, jika mengalami gejala penyakit lupus, segeralah perikasakan diri ke dokter. Dan jika dalam tahap pengobatan haruslah secara rutin berkunjung ke dokter, jangan sampai lupa ya. Karena pengobatan rutinlah yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...
Tags: