Kalau Kamu Merinding Lihat Gambar-gambar Ini, Berarti Mengalami Kelain Ini.

Apa itu trypophobia? Apakah Anda seorang trypophobic?
 
Phobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena.
Sedangkan Tripophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris.

Trypophobia-Kaki1

Jika Anda merasa takut, merinding, gatal dan tidak nyaman melihat banyak lubang, seperti sarang lebah, jamur, biji bunga teratai, gelembung, terumbu karang atau lubang dalam jumlah banyak yang tersusun maka Anda termasuk pengidap trypophobia.

Meski demikian fobia ini tidak masuk ke dalam American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders.

Trypophobia sering juga disebut repetitive pattern phobia.

Ribuan orang mengaku takut melihat obyek dengan ukuran lubang yang kecil.
Penelitian terbatas dilakukan oleh Arnold Wilkins dan Geoff Cole yang melakukan penelitian pertama kali dan menduga ketakutan ini lebih ke arah rasa jijik ketimbang ketakutan secara kultur.

https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-lAIjQ9MZWog/URlZ299JxcI/AAAAAAAAPXM/19PtN_sy50M/s320/1.jpg?resize=695%2C465

Trypophobia adalah sebuah ketakutan yang tinggi terhadap lubang kecil yang banyak atau bentuk asimetris, dan menyebabkan rasa gatal dan geli di seluruh tubuh, perasaan menjadi tidak nyaman, bahkan beberapa kasus menyebabkan Penderita Trypophobia dan menurunkan nafsu makan.

Penyakit yang dalam bidang medis sebenarnya tidak ada, jua akan merasa takut ketika melihat sarang lebah madu, terumbu karang, biji bunga teratai, jamur atau gelembung.

http://2.bp.blogspot.com/-lLREivF_oNM/UfpjsQD-JhI/AAAAAAAAB70/RSAyxa15blM/s1600/Penyakit-Trypophobia.webp

Sejarah Trypophobia

Kata trypophobia ditemukan pada tahun 2005, yang merupakan kombinasi dari kata trypo (Yunani) yang artinya lubang dan fobia (ketakutan). Meskipun, sampai saat ini pihak Statistical Manual of Mental Disorders dan American Psychiatric Association’s Diagnostic tidak mengakui kondisi Trypophobia sebagai fobia yang sebenarnya.

Martin Antony sebagai seorang psikolog dari Ryerson University di Toronto mengatakan bahwa biasanya ahli medis tidak penggunaan kata dari bahasa Latin atau Yunani untuk memberi nama untuk sebuah penyakit. Namun dirinya juga tidak heran apabila banyak orang langsung mengaku menderita trypophobia setelah melihat gambar atau bentuk nyata dari banyak lubang kecil.

Penyebab Trypophobia

Rasa takut seseorang terhadap suatu hal memang bisa berasal dari mana saja, bahkan Rasa Takut dan jijik bisa menular. Dan secara teknis, hampir semua hal yang menimbulkan reaksi jijik juga memunculkan rasa takut untuk sebuah penyakit.

Rasa jijik yang timbul akibat melihat benda penuh lubang pada gejala Trypophobia adalah reaksi bawah sadar penderitanya yang terjadi karena rasa takut mengalami penyakit tertentu pada dirinya. Contohnya adalah, ketakutan pada terjadinya penyakit cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas luka atau bahkan Keloid yang mengerikan.

Cara Mengobati Trypophobia

Apabila saat ini anda merasa mengalami trypophobia, maka bisa dihilangkan dengan mengurangi segala pikiran negatif mengenai gangguan mental tersebut. Dan apabila anda normal, jangan memaksa teman lain untuk melihat gambar atau bentuk yang memicu terjadinya Trypophobia. Sedangkan bagi anda yang masih penasaran, sebaiknya jangan mencoba untuk mencari Gambar-gambar atau foto Trypophobia.

Ringkasan:

  • Trypophobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap lubang kecil atau bentuk lain yang simetris,
  • Penyebab Trypophobia dipicu karena adanya rasa jijik dan takut pada sebuah objek berbentuk bulat,
  • Mengobati Trypophobia bisa dilakukan dengan berusaha mengurangi rasa takut dan menghindari bentuk pemicu Trypophobia

tes2

tes1

https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-qBHCtpv7NiQ/UdVOSsb59QI/AAAAAAAACAA/Ce2ePtz_k24/s550/3.jpg?resize=890%2C890

LIHAT VIDEONYA :

Loading…

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...