Cara Menghapus ‘Jejak’ Informasi Kamu di Internet

069463600_1460605257-internet_2

Kehidupan di dunia maya memang membuat banyak orang di dunia dapat saling terhubung. Namun, tak sedikit merasa bahwa eksistensi di dunia maya juga terkadang membuat kita merasa tak aman.

Jika kamu tak ingin informasi pribadi tersebar luas di dunia maya, kamu dapat menghilangkan jejaknya. Akan tetapi, hal ini tak semudah yang Anda bayangkan.

Kamu harus mengikuti beberapa langkah-langkah. Berikut ini seperti dilansir dari CNET, 5 cara mengurangi jejak informasi tentang kamu dari pencarian internet:

1. Hapus Akun

Coba sebutkan, berapa banyak akun yang kamu punya saat ini? Setidaknya kamu pasti memiliki akun Facebok, Twitter, Instagram, LinkedIn, hingga akun belanja online (eCommerce).

Jika kamu ingin ‘undur diri’ dari kehidupan dunia maya, dapat memulainya dengan menghapus akun-akun media sosial, eCommerce, hingga blog milik kamu.

Di media sosial misalnya, setiap layanan memiliki opsi untuk menonaktifkan akun pengguna. Opsi ini tersedia di menu Settings, Security, atau Privacy.

2. Gunakan Layanan Pengumpul Data

Opsi lainnya, kamu dapat menggunakan jasa DeleteMe atau Abine.com untuk menghapus berbagai milik akun kamu.

Layanan ini akan mengumpulkan informasi kamu yang tersebar di internet. Namun, untuk menggunakan layanan ini, kamu akan dikenakan biaya mulai dari US$ 130.

Halaman Selanjutnya >>

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...