Bahaya Makanan Berformalin!! Inilah Ciri dan Cara Mendeteksi Makanan Berformalin dan Boraks

Pernah dengar ya guys makanan berformalin , tidak sedikit pedagang yang berlaku curang untuk meraup untung banyak.

Formalin ialah bahan kimia yang tidak boleh masuk kedalam tubuh.  Formalin boleh digunakan untuk membunuh kuman,  pengawet kayu,  pengawet mayat.

makanan-berformalin

Masuknya formalin pada tubuh bisa mengakibatkan akut maupun kronis. Kondisi akut tampak dengan gejala alergi, mata berair, mual, muntah, seperti iritasi, kemerahan, rasa terbakar, sakit perut, dan pusing.

Kondisi kronis tampak pada jangka panjang dan akan terakumulasi masuk ke dalam tubuh. Gejalanya iritasi parah, mata berair, juga gangguan pencernaan, hati, dan ginjal.

Ciri makanan yang berformalin :

Tahu: Jika semakin tinggi kandungan formalin, maka tercium bau obat yang menyengat, teksturnya sangat keras dan kenyal, tidak padat, dan tak mudah rusak dalam waktu yang cukup lama.

Mie Basah : Jika dipegang tak lengket, terasa sangat kenyal, tak muah rusak dan tahan untuk jangka waktu yang lama.

Ikan : insangnya berwarna merah tua, tak cerah atau pucat tak segar, aroma kha ikan berkurang, dagingnya putih, bersih, kenyal, lalat enggan hinggap dan tak mudah rusak dalam waktu lama.

Bakso : teksturnya kenyal, mampu bertahan dengan kondisi baik selama 3 hari, apabila dibelah bagian dalam tampak warna mencolok tak wajar.

Daging ayam : dagingnya bertekstur kencang, tidak mudah rusak dan tidak dihinggapi lalat.

Ciri makanan yang mengandung boraks :

Bakso : lebih kenyal dan apabila digigit cepat kembali seperti semula, taha beberapa hari, warnanya nampak lebih putih, tidak beraroma alami bakso.

Gula merah : teksturnya sangat keras dan susah sekali dibelah, nampak butiran mengkilap di bagian dalamnya.

Itulah ciri-ciri makanan yang mengandung formalin. Terkadang ciri fisik bisa saja mengelabuhi, tentu saja perlu pemeriksaan lebih lanjut, agar kita tak sampai mengkonsumsi makanan berformalin atau yang mengandung zat berbahaya lainnya.

Cara mendeteksi makanan berformalin atau mengandung boraks dengan tusuk gigi :

Lanjutkan Membaca >>

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...