17 Agustus 1945, Hari Kemerdekaan Indonesia Ternyata Telah Tertulis dalam Al-Quran

Tahukah Anda, bahwa hal ini bukanlah suatu kebetulan? Ya, Allah SWT telah mengaturnya. Bahkan, 17 Agustus 1945 waktu kemerdekaan kita sudah tertulis dalam Al-Quran.

Semua orang tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 yang bertepatan pada hari Jum’at di bulan Ramadhan. Namun apakah ada yang mengetahui bahwa Indonesia merdeka pada tanggal 8 Ramadhan 1364 H? Pasti banyak di antara kita yang tidak mengetahuinya.

Kemerdekaan-Indonesia

Sebuah penemuan ditemukan di sebuah sofwer kalender horoskop ciptaan Johan Wijarko, yang mana memperlihatkan dengan jelas bahwa pada Jumat, 17 Agustus 1945 itu bertepatan dengan Jum’at 8 Ramadhan 1364 Hijriyah.

Jika dikaji maka kita akan mengetahui bahwa kemerdekaan Indonesia telah lama tertulis di Al-Qur’an. Benarkah? Mari kita cermati.

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 yang mana jika dihitung secara kalender Hijriah maka akan bertepatan dengan 8 Ramadhan 1364 H. Dan Ramadhan merupakan bulan ke 9 di Kalender Hijriah. Maka akan menjadi seperti tanggal 8 bulan 9 (Ramadhan) tahun 1364 Hijriah.

Angka 8 dan 9 menjadi patokan kita untuk menemukan surah dan ayat yang terdapat di Al-Quran. Tepatnya di surah Al-Anfal ayat 9 yang berbunyi, “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu, ‘Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut’,” (QS. Al-Anfal: 9).

Ayat ini merupakan kisah dari keengganan sebagian sahabat untuk pergi ke perang badr. Dan pertolongan Allah kepada kaum muslimin. Yang dituliskan dalam Al-Quran di surah Al-Anfal ayat 5-14.

Seolah mengisahkan juga seorang Soekarno (golongan tua) yang agak enggan untuk memproklamirkan kemerdekaan pada saat itu. Namun ia didesak oleh pemuda (golongan muda) seperti Wikana untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Dan akhirnya dengan izin Allah dan pertolongan Allah, Allah SWT meneguhkan hati Soekarno. Dan memberikan bantuan kepada Soekarno lewat pemuda-pemuda Indonesia yang berisikeras memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada saat itu juga. Akhirnya kemerdekaan Indonesia diproklamirkan di tanggal 17 Agustus 1945 atau 8 Ramadhan 1364 H.

Masih tentang keterkaitan antara ayat Al-Quran dengan kemerdekaan Indonesia. Indonesia merdeka pada tanggal 17-8-45 masih di surah Al-Anfal (surah kedelapan di Al-Quran) ayat ke 17 dan ayat ke 45 berbunyi:

“Maka (yang sebenarnya) bukan kamu yang membunuh mereka, akan tetapi Allahlah yang membunuh mereka, dan bukan kamu yang melempar ketika kamu melempar, tetapi Allah-lah yang melempar. (Allah berbuat demikian untuk membinasakan mereka) dan untuk memberi kemenangan kepada orang-orang mukmin, dengan kemenangan yang baik. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Anfaal: 17).

Di ayat ke 17 ini semakin menegaskan bahwa Allah SWT memberikan bantuan dan kemenangan kepada Indonesia yang berusaha memperjuangkan kemerdekaan. Sedangkan pada ayat ke 45 masih di surah Al-Anfal berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman. Apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung,” (QS. Al-Anfaal: 45).

Ayat tersebut menggambarkan para pejuang muslim di masa dulu selalu menyerukan kalimah “Allahu Akbar” dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengobarkan semangat juang para pahlawan hingga harta, jiwa dan jasadnya mereka pertaruhkan untuk memerdekakan negara ini untuk kita para penerus bangsa.

Ingatlah, di dunia ini tidak ada yang kebetulan. Semuanya sudah diatur oleh Allah SWT. Begitu juga dengan kemerdekaan Indonesia yang telah tertulis di Al-Quran, jauh sebelum negara indonesia terbentuk. Wallahu ‘alam.

Sumber: Islampos.com

JANGAN LEWATKAN YANG INI....

loading...